Website Edukasi Referensi Guru Indonesia

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 2 Revisi 2020

GoEdukasi.com – Berikut ini kumpulan contoh RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 2 Revisi 2020 teridiri dari tema 5, 6, 7, 8 untuk dijadikan sebagai referensi format Perangkat Pembelajaran versi terbaru.

Sesuai arahan Nadiem Makarim dalam Surat Edaran No. 14 Tahun 2019 yang mengemukakan perubahan format RPP Kurikulum 2013 menjadi satu lembar saja.

Hal tersebut memiliki maksud supaya para Guru bisa memiliki waktu lebih untuk beristirahat, lebih leluasa dalam mempersiapkan dan evaluasi pembelajaran.

Waktu yang dibutuhkan Guru saat menyusun / membuat RPP 1 Lembar K13 Kelas 1 Semester 2 menjadi efisien lagi, hal tersebut dapat langsung kita lihat dari jumlah halaman yang diperlukan yakni hanya satu lembar saja.

Meskipun RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 2 ini hanya membutuhkan satu halaman saja tetapi di dalamnya tetap terdapat Higher Order Thinking Skills (HOTS), 4C, PPK dan telah terintegrasi dengan Literasi abad 21.

Format Kosong RPP satu lembar Resmi

format rpp 1 lembar resmi kemdikbud

Jika anda membutuhkan berkas regulasi yang mendukung RPP satu Halaman Kelas 1 Semester 2 (Genap) revisi 2020 ini, bisa mengunduh filenya melalui tautan berikut:

  • Format RPP Sesuai SE Mendikbud No 14 Tahun 2019 – Format
  • Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 – Format

Format RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 2 Revisi 2020

Guna membantu Guru yang sedang membutuhkan format RPP satu lembar ini, maka pada tulisan kali ini kami coba bagikan contoh formatnya. Silahkan langsung saja buka tautan yang telah disediakan di bagian bawah berikut!

Semua RPP 1 Halaman Kelas 1 Semester 2 tersebut bisa Bapak/Ibu Guru download secara lengkap sesuai dengan masing-masing tema, maka dengan demikian perangkat pembelajaran kurikulum 2013 khusus semester 2 untuk kelas 1 SD dapat dilengkapi.

Sebelum menutup pembahasan kami tentang RPP 1 Halaman Kelas 1 Semester II ini ada baiknya kita mengulas kembali apa saja yang membedakan antara format RPP versi satu lembar dengan versi terdahulu.

Situasi Saat ini

  • Guru diarahkan untuk mengikuti format RPP secara kaku
  • RPP memiliki terlalu banyak komponen
  • Guru diminta untuk menulis dengan sangat rinci (satu dokumen rpp bisa mencapai lebih dari 20 halaman)
  • Penulisan RPP menghabiskan banyak waktu Guru, yang seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajarna itu sendiri

Arahan Kebijakan Baru

  • Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP
  • 3 Komponen inti (komponen lainnya bersipat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri; tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, asesmen) 1 halaman cukup
  • Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga Guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri

Sampai di sini dulu informasi mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran satu Halaman kelas 1 semester 2 yang bisa disampaikan, lebih kurangnya kami mohon maaf. Sebab pemahaman terkait informasi yang lebih lengkap tentu saja Bapak/Ibu Guru sudah pasti mengetahuinya.

Sumber: Katulis.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More