Website Edukasi Referensi Guru Indonesia

Laptop i7 Lebih Baik daripada i3 dan i5, Apakah Benar?

Go Edukasi – Ketika kita bingung untuk memilih laptop intel yang terbaik. Apakah Laptop i7 Lebih Baik daripada i3 dan i5? maka pembahasan ini akan sangat membantu bagi anda semua.

Secara umum ya, tetapi itu juga tergantung pada prosesor i3, i5 atau i7 mana yang Anda bandingkan.

Izinkan saya memberi contoh betapa membingungkannya hal ini:

Kini Intel menjual prosesor dual-core i7 8500Y khusus untuk laptop ultra tipis. Mereka juga menjual i3 8100H, yang merupakan prosesor quad-core yang jauh lebih bertenaga daripada i7 8500Y, dan i3 8100H memiliki kinerja grafis built-in yang lebih baik.

Processor i3 8100H juga lebih murah dibandingkan i7 8500Y, sehingga laptop yang menggunakan i3 8100H juga akan lebih terjangkau. Kenapa seperti ini? Saya akan mencoba menjelaskan:

intel core

Saat melihat prosesor Intel, Anda tidak boleh hanya melihat i3, i5, i7 dan i9. Ini akan membantu jika Anda juga melihat nomor dan huruf lanjutan dari kode nama prosesor.

Berikut adalah contoh bagaimana prosesor Intel diberi nama. Hal terpenting adalah pembuatan prosesor ini dan akhiran lini produk.

Dalam kasus i3 8100H, prosesor ini adalah generasi ke-8, generasi yang sama dengan i7 8500Y.

Sekarang lihat sufiks lini produk, yang terkadang memiliki satu atau dua huruf. Ada juga satu huruf dan satu angka. Ini adalah sufiks paling umum dari prosesor laptop Intel.

spesifikasi laptop intel
spesifikasi laptop intel

Seperti yang Anda lihat, “H” berarti prosesor memiliki kinerja grafis yang tinggi. Terkadang mereka menambahkan “H” untuk menunjukkan bahwa prosesor mengonsumsi lebih banyak daya daripada akhiran “U”. Secara berkala, akhiran HQ ditambahkan, dan beberapa prosesor quad-core tidak memiliki akhiran “Q”. Hanya Intel yang tahu mengapa ini terjadi.

Seperti yang Anda lihat, sufiks Y pada i7 8500Y mengacu pada konsumsi daya rendah yang dikhususkan untuk prosesor seluler. Prosesor dari seri ini dan termasuk Intel generasi ke-8 dilengkapi dengan hyperthreading dual-core yang menggunakan setidaknya 5 Watt. Artinya baterai lebih awet dan prosesor bekerja lebih santai, sehingga tidak perlu kipas angin lagi. Generasi ke-10 akan menjadi generasi pertama yang menyediakan empat core dalam prosesor seri “Y”.

Seri U hingga generasi ke-7 juga memiliki maksimal dua inti, namun kini prosesor ini juga ditemani empat inti. Tahun depan juga ada rencana untuk menyediakan enam inti pada prosesor seri ini. TDP dari prosesor seri U biasanya 15 Watt, jadi ini sedikit lebih besar dari seri Y, tapi masih cukup efisien dalam penggunaan daya.

Prosesor i3 8100H lebih signifikan karena memiliki TDP 45 Watt. Ini berarti prosesornya lebih bertenaga dan digunakan untuk laptop yang lebih tebal. Sufiks H, dan khususnya HK pada i3, i5, i7 dan i9 biasanya ditemukan pada laptop workstation atau laptop gaming yang lebih besar dan lebih tebal.

Baca juga: Kenapa Harga Prosesor Intel Lebih mahal dari AMD?

Saya harap informasi ini membantu. Penamaan pada Intel bisa sangat membingungkan, jadi terkadang tidak mudah untuk memilih laptop yang sempurna untuk kebutuhan kita. Secara umum, angka yang lebih tinggi lebih baik, tetapi tidak selalu.

Baca juga: 3 Perbedaan Prosesor i3, i5, dan i7

Semoga pembahasan Laptop i7 Lebih Baik daripada i3 dan i5 ini bermanfaat.

Source Quora

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More