Website Edukasi Referensi Guru Indonesia

KKM K13 SD untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Revisi 2020

Go Edukasi – Sudah saatnya kami informasikan KKM K13 SD untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Revisi 2020 Lengkap untuk semester I dan II sebagai salah satu sumber referensi terbaik di kalangan blog pendidikan.

Lengkapi format KKM K13 SD untuk semua tingkatan yang tentu saja telah melalui proses pembaruan terbaru, yaitu revisi untuk tahun ajaran 2019/2020. KKM kelas 1 semester 1 dan kkm kelas 1 semester 2 begitupun dengan kelas lainnya seperti kelas 2, 3, 4, 5, 6 adalah 1 dari sekian banyak alat pembelajaran yang kami sediakan, tentu saja, memenuhi semua isi yang terkandung dalam sistem pembelajaran kurikulum 2013 untuk semester 1 dan 2.

KKM Kurikulum 2013 Kelas 1 sampai dengan 6 ini harus dimiliki oleh setiap masing-masing Guru, sebab ini merupakan bagian dari perangkat pembelajaran atau administrasi Guru.

Ditambah lagi, KKM sangat diperlukan terutama dalam penentuan Nilai Kompetensi yang harus dicapai oleh setiap peserta didik pada mata pelajaran tertentu. Selain itu KKM SD bisa juga sebagai patokan Guru dalam menentukan tingkat kemampuan siswa dalam mencapai KD tertentu.

Oleh karena itulah kenapa KKM K13 kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 ini memang diwajibkan harus dimiliki oleh semua Guru sesuai kelas tempat mengajar selain dari RPP 1 Lembar.

Penetapan KKM dilakukan oleh Guru melalui musyawarah dengan kepala sekolah dan disesuaikan dengan kemampuan peserta didik, dalam hal ini Guru dituntut untuk jeli dan paham setiap karakter peserta didiknya.

Sering disinggung pada beberapa tulisan sebelumnya mengenai peserta didik yang belum sanggup mencapai nilai minimal dari Kompetensi Dasar Mata pelajaran tertentu, maka Gurunya harus segera melakukan perbaikan nilai kepada siswa tersebut.

Kegiatan yang biasa dilakukan Guru untuk menangani hal ini yaitu dengan mengadakan Remedial (Perbaikan), remedial ini dilaksanakan dengan menyesuaikan tingkat kemampuan dan kesulitan yang dialami peserta didik. Mengenai masalah perbaikan nilai nanti kita bahas di lain waktu, skerang kita fokus saja dulu mengenai KKM/KBM.

Format KKM K13 SD yang sudah jadi untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Revisi 2020 Semester I dan II

Jika anda ingin langsung mendapatkan format KKM kurikulum 2013 SD untuk semua kelas di semester 1 dan 2, maka bisa langsung mengunjungi tautan halaman di bagian bawah, nanti anda akan diarahkan ke halaman khusus sesuai Judul informasi tulisan.

Berdasarkan Mata Pelajaran:

Namun sebelum kita mengakhiri pembahasan KKM SD Kurikulum 2013 ini ada baiknya mengulas sedikit beberapa tips terkait cara penilaian kkm, fungsi dan landasan yang melatarbelakangi penilaian Ketuntasan Belajar Minimal (KBM).

KKM K13 SD Revisi 2019 / 2020 ini harus dimiliki oleh guru yang terikat dalam PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia wajib memiliki setiap perangkat pembelajaran untuk memfasilitasi metode pembelajaran yang disajikan oleh setiap guru yang diterapkan di kelas, salah satunya melalui revisi kkm k13 hingga 2019.

Pada umumnya, format KKM K13 didefinisikan Kriteria Ketuntasan Minimum yang harus dimiliki Guru sebagai alat yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang kriteria terendah dalam menyatakan siswa lulus.

Apabila peserta didik menyentuh titik kelengkapan minimum yang dalam hal ini disesuaikan dengan program kurikulum 2013. Dalam program pembelajaran K13, tenaga pengajar memiliki kewenangan khusus dalam menentukan nilai kriteria kelulusan siswa melalui KBM / KKM.

Tips Langkah-Langkah Penilaian KKM/KBM K13 SD

Nah, berikut ini merupakan cara melakukan penilaian Kriteria Ketuntasan Minimal Kurikulum 2013. Tahapan ini mudah-mudahan cukup membantu Bapak/Ibu Guru.

  1. Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap muatan pelajaran setiap kelas dalam satu tahun pelajaran. 
  2. Tentukan komponen-komponen yang termasuk aspek kompleksitas, intake, pendidik dan daya dukung. 
  3. Tentukan nilai untuk setiap aspek dengan skala 0-100. 
  4. Tentukan skor tiap aspek. 
  5. Tentukan KKM setiap KD. 
  6. Tentukan KKM setiap muatan pelajaran.

Aspek Penentuan KKM/KBM

Terdapat 3 aspek yang menjadi landasan untuk menentukan KKM secara teknis, diantaranya yaitu:

  1. Karakteristik peserta didik (intake) 
  2. Karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi / kompetensi), dan;
  3. Kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi.

Fungsi KKM/KBM

Selain itu ada baiknya kita mengulas kembali sebenarnya apa fungsi dari KKM? Fungsinya antara lain:

  1. Sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. 
  2. Sebagai acuan bagi peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran. 
  3. Digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. 
  4. Kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat. 
  5. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran. 

Seperti untuk saat ini kami akhiri sampai di sini, apabila ada informasi tambahan akami akan segera menambahkannya sebagai update. Terima kasih telah sempat berkunjungike blog GoEdukasi.com. Salam Semangat Edukasi, GO!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More