Website Edukasi Referensi Guru Indonesia

Format Program Semester Kurikulum 2013 SD

Go Edukasi – Saat ini kami akan membahas Format Program Semester Kurikulum 2013 SD, sebelum mendapatkan contohnya maka ada baiknya kita ulas sedikit terlebih dahulu tentang program semester ini.

Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan, sehingga tidak memungkinkan untuk merencanakan kurikulum sebelum program tahunan disusun. Langkah-langkah perancangan program semester adalah menganalisis kalender pendidikan dan karakteristik satuan pendidikan berdasarkan kebutuhan jenjang satuan pendidikan.

Beri label hari libur, awal tahun ajaran, minggu efektif belajar, dan waktu belajar efektif (per minggu). Libur tengah semester, libur antar semester, libur akhir tahun, hari besar keagamaan, hari libur nasional seperti libur nasional, libur khusus, acara khusus satuan pendidikan

Hitung jumlah hari belajar efektif (HBE) dan jam belajar efektif (JBE) per bulan dan per semester per tahun.

Perhitungan, sesuai dengan persyaratan yang ditemukan dalam kerangka kurikulum yang relevan, dari jumlah jam pembelajaran (JP).

Bagikan waktu yang dialokasikan untuk sub-tema dan pertimbangkan waktu untuk evaluasi dan tinjauan konten.

Rangkuman hal-hal yang akan diperkenalkan dan diselesaikan dalam satu semester dimasukkan ke dalam Kurikulum Semester. Secara umum kurikulum semester ini meliputi:

Identitas (satuan sekolah, materi pelajaran, kelas / semester, tahun ajaran)

Formulir entri (tema, sub tema, alokasi waktu pelajaran, dan bulan komprehensif per minggu, dan ringkasan yang harus diisi saat pembelajaran berlangsung.

Dengan memperhatikan program tahunan dan alokasi waktu per minggu, maka rancangan garis besar kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dalam satu semester.

Dalam menyusun Promes, tentunya harus mengacu kepada:

Kalender akademik resmi diterbitkan oleh dinas pendidikan

  • Struktur Kurikulum
  • Kompetensi dasar
  • Silabus

Unduh Format Program Semester Kurikulum 2013 SD Lengkap

Untuk mendapatkan formatnya anda dapat langsung membuka tautan halaman yang telah kami sediakan di bawah ini:

Langkah-langkah Persiapan Promes

Untuk menghitung jumlah minggu yang berhasil setiap bulan, tinjau kalender pendidikan untuk setiap unit pendidikan yang dirilis oleh Kantor Pendidikan.

Umumnya, kalender sekolah menyertakan :

Libur (Sabtu / Minggu, Libur Semester, Libur Awal Puasa, Libur, Libur Nasional, Libur Pilkada, dll).

Jadwal ujian tengah semester ganjil, jadwal ujian semester ganjil / genap, jadwal ujian sekolah UTS (tertulis) / genap, jadwal ujian untuk latihan dan perkiraan ujian nasional

Evaluasi tata letak program untuk menentukan jumlah jam pelajaran setiap minggu.

Pelajari keterampilan dasar, dan silabus untuk memperkirakan jumlah jam pelajaran yang dibutuhkan untuk setiap KD yang akan diajarkan.

Hitung minggu yang sesuai per semester per tahun.

Menghitung jam sukses per semester acara belajar-mengajar.

Tentukan alokasi waktu per KD berdasarkan kedalaman dan lebar isi dalam KD, tergantung waktu efektif tiap semester.

Isi alokasi waktu dan KD dalam format Program Tahunan.

Pemetaan distribusi dalam format Program Semester alokasi waktu perKD.

Demikian informasi Format Program Semester Kurikulum 2013 SD dapat kami sampai, mudah-mudahan bisa memenuhi kebutuhan info yang anda butuhkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More