Website Edukasi Referensi Guru Indonesia

Cara Membuat Powerpoint Menarik untuk Presentasi

Go Edukasi – Apakah anda ingin tahu cara membuat power poin menarik untuk presentasi di kampus, sekolah, kantor atau perusahaan? Nah, kali ini kami akan membahasnya secara lengkap.

Powerpoint menjadi salah satu software paling seding digunakan untuk sebuah presentasi, selain mudah digunakan ada banyak variasai fitur yang bisa manfaatkan oleh kita. Seperti animasi, transisi dan hal lainnya.

Anda sudah siap untuk mempelajari semua cara membuat presentasi dengan mudah menggunakan power point? kalau siap, yuk kita mulai saja.

Namun sebelum itu mari kita pelajari dasar-dasar pengetahuan mengenai powerpoint.

Pengertian Power Point

Apa itu Power Point?

Microsoft Powerpoint adalah salah satu software aplikasi Microsoft Office yang berguna sebagai alat presentasi multi slide.
Program ini populer dan umum digunakan oleh berbagai orang, termasuk pelajar, kantor dan perusahaan, pendidik, dan pelatih.
PowerPoint membuat presentasi lebih sederhana dengan bantuan alat yang indah dan canggih. Fitur template / desain juga akan mempercantik presentasi PowerPoint.

Apa fungsi dan Kegunaan Powerpont?

Kegunaan atau fungsi MS PowerPoint adalah sebagai berikut:
Alat untuk memfasilitasi presentasi.
Buatlah tampilan dalam bentuk softcopy sehingga perangkat komputer yang berbeda dapat melihatnya.
Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan indah dengan dukungan fitur audio, video, gambar, dan animasi serta template / desain yang akan digunakan.
Permudah pembuatan, pembuatan, dan cetak berbagai slide.


Tips Membuat Template Powerpoint

Ketika kita berniat untuk membuat sebuah template power point untuk kegiatan presentasi dan sebelum melanjutkan ke bagian Cara Membuat Powerpoint Menarik untuk Presentasi, ada hal yang harus diperhatikan sebelum itu, ketahui beberapa poin berikut:

1. Sesuaikan Tema dengan Kegiatan

Hal pertama yang mungkin anda lupakan adalah tidak memperhatikan jenis tema yang akan digunakan. Anda harus memahami betul, template power point yang dibuat itu digunakan untuk kondisi seperti apa?

Coba bayangkan jika akan melaksanakan presentasi di sebuah perusahaan, template power point menggunakan tema power point lucu seperti untuk dilihat oleh anak-anak TK/PAUD. Jadinya bagaimana? Sangat tidak sesuai!

Bukan tidak boleh, tetapi jauh lebih baik jika template tersebut dibuat dengan tema yang serius,.

Maka dari itu, kenapa kita harus mempertimbangkan hal ini, buatlah tema untuk template powerpoint sesuai dengan auden pada setiap kegiatan.

Presentasi di Perusahaan. Presentasi di perusahaan bisa menggunakan template point dengan tema yang lebih serius, propesional dan elegan.

Perkuliahan. Sedangkan presentasi untuk diperkuliahan bisa menerapkan tema edukasi dengan campuran desain modern tanpa meninggalkan kesan serius, supaya powerpoint jauh lebih menarik dan tepat sasaran.

SD-SMP-SMA. Kalau untuk presentasi di tingkat sekolah (SD,SMP,SMA) sederajat lainnya, anda dapat menggunakan tema yang cukup komunikatif serta tidak membosankan. Menuangkan beberapa animasi untuk power poin dengan desain modern dan juga lucu dapat membuat para siswa tidak jenuh untuk menyaksikan presentasi anda.

2 . Menambahkan Animasi untuk Power Point

Untuk menjadikan presentasi anda tidak jenuh untuk disaksikan auden, maka cobalah untuk menambahkan beberapa animasi ke dalamnya. Misalnya membuat menu navigasi yang bergerak, objek karakter dan suara-suara tombol yang unik akan membuat powerpoint menjadi tampak propesional.

3. Tema Power Point Lucu

Adakalahnya template power point yang kita buat tidak harus selalu tampak serius. Membuat kesan menarik tidaklah mudah, namun anda dapat mengabaikan kesimpulan tersebut dengan cara menambahkan karakter-karakter kartun dengan desain modern ke dalamnya.

Secara umum, tema powerpoint lucu akan sangat disukai oleh auden. Namun perlu diperhatikan juga, seperti apa yang telah kami sampaikan pada paragraf sebelumnya bahwa penentuan tema haruslah sesuai dengan kondisi kegiatan. Tetapi kalau anda memaksakan untuk tetap menampilkan template presentasi dengan tema lucu, maka tujuan dan target dari isi presentasi tetap harus diutamakan.

Langkah-Langkah Cara Membuat Powerpoint Menarik

Pada bagian ini kita akan mulai presentasi porwerpoint yang menarik dengan mudah. Oleh karena itulah silahkan ikuti setiap tahapnya dan pahami dengan seksama.

Time needed: 15 hours.

Berikut ini tahapan yang harus diikuti ketika membuat powerpoint template.

  1. Desain Gambar

    Kumpulkanlah desain gambar yang akan kita masukkan ke dalam powerpoint. Gambar-gambar yang terkumpul tersebut nantinya akan digunakan untuk Background atau objek-objek tertentu.
    Anda dapat mengunduhnya dari website layanan gratis penyedia gambar seperti Freepik maupun Canva.

    canva

    freepik

  2. Buka Aplikasi Powerpoint

    Silahkan buka aplikasi powerpoint di PC/Komputer/Laptop andapowerpoint

  3. Tentukan ukuran dimensi

    Pada umumnya ukuran dimensi yang sering digunakan ketika membuat powerpoint adalah berukuran A4, Letter atau bisa juga anda tetap menggunakan setingan default. Silahkan disesuaikan saja.ukuran dimensi powerpoint

  4. Membuat Slide per Materi dan Memasukkan Background

    Pembuatan Slide permateri ini akan sangat memudahkan anda ketika menentukkan apa saja yang akan dituangkan ke dalam presentasi anda. Silahkan berikan judul untuk setiap slide jika itu merupakan halaman utama materi.
    Lakukan input materi dan Judul setiap anda akan membuat pembahasan baru.

    background powerpoint

    input materi powerpoint

  5. Memasukkan Gambar Objek

    Setelah semua slide dibuat, kini saatnya anda memasukkan beberapa gambar sebagai pemanis pada setiap slide jika itu diperlukan.input gambar ke powerpoint

  6. Simpan Powerpoint

    Setelah presentasi powerpoint selesai dikerjakan, jangan lupa untuk menyimpannya dengan cara Save file.input gambar ke powerpoint

Ok, sepertinya Cara Membuat Powerpoint Menarik untuk Presentasi telah kami sampaikan semuanya di atas. Bagaimana menurut anda? Apakah panduan tersebut dapat memberikan pencerahan ketika kan membuat presentasi dengan powerpoint? Kalau ternyata masih belum, nanti kami akan tambahkan pembahasan lengkap pada tulisan selanjutnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More