Website Edukasi Referensi Guru Indonesia

Cara Jadi Guru Propesional Pembelajaran Daring / Online

Go Edukasi – Kali ini saya saya akan sedikit berbagi mengenai tips atau Cara Jadi Guru Propesional Pembelajaran Daring / Online.

Akibat Pandemi Covid 19, kini Indonesia menjadi salah satu Negara yang dicap sebagai Negara berbahaya karena penularan virus terus berkembang pesat. Termasuk sektor dunia Pendidikan menjadi salah satu terkena dampaknya.

Kini proses kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan secara daring, terutama untuk sekolah yang berada di zona merah. Hal tersebut bertujuan untuk menekan jumlah penyebaran virus dan menghindarkan semua populasi yang ada disekolah terkena covid 19.

Mulai dari sinilah, setiap tenaga pengajar dituntut meningkatkan skillnya untuk dapat mengkoordinasikan kegiatan pelaksanaan pembelajaran secara online dengan baik.

Beberapa hal yang harus diketahui untuk Jadi Guru Propesional Pembelajaran Daring / Online

Apa saja yang harus dimiliki setiap Guru untuk menghadapi keadaan seperti ini?

Mau tidak mau, kini Guru harus mulai mengenal beberapa istilah dan perangkat yang digunakan pembelajaran online.

Untuk konverensi tatap muka Misalnya bisa menggunakan perangkat lunak Video Converence (Google Talk, Skype, Whatsapp, Zoom dan beberapa software lainnya).

Sedangkan, untuk tugas yang akan diberikan kepada siswa secara online dapat menggunakan Google Form dan Google Classrom.

Sebenarnya ada banyak sekali tips dan trik untuk menggunakan semua perangkat lunak tersebut menjadi lebih menarik. Tetapi di sini saya hanya akan menjelaskan deskripsi secara garis besarnya saja.

Setelah berhasil mempelajari semua istilah dan cara Menggunakan perangkat lunak tadi, mulailah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring.

Sudah jelas, setiap kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan berdasarkan prosedur yang tepat. Oleh karena itu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan beberapa perangkat lain yang ikut berperan penting dalam kegiatan mengajar harus disiapkan secara lengkap.

Sampaikan materi kepada siswa melalui pembelajaran Daring dengan cara yangpaling memungkinkan. Sebab seperti yang kita ketahui, adakalanya tidak semua siswa memiliki Smartphone. Oleh karena itu, coba untuk mengelompokkannya.

Kelompokanlah siswa yang memiliki fasilitas gadget dan yang tidak. Buat susunan kegiatan dan tugas sesuai kondisi masing – masing kelompok siswa tersebut.

Bagi siswa yang memiliki fasilitas Gadget, anda bisa langusng membuat semua materi pembelajaran secara online. Misalnya penyampaian materi bisa anda rekam ke dalam bentuk sebuah video untuk ditonton oleh para siswa. begitupun mengenai soal latihan, anda bisa langsung membuatnya menggunakan Google Form dan mengirimkan link soalnya melalui Whatsapp.

Sedangkan untuk kelompok siswa tanpa fasilitas, anda dapat tetap membuat penjelasan rangkuman materi berupa teks cetak, memberikannya kepada semua siswa yang ada di kelompok tersebut. Soal latihannya juga masih berupa teks cetak, setelah siswa selesai mengerjakannya dirumah mereka wajib memberikannya kepada anda untuk diperiksa.

Nah, untuk saat ini saya cukupkan sekian dulu ringkasan ide untuk menjadi Guru Prosfesional di masa pandemi Covid 19. Mudah-mudahan sedikit informasi tersebut dapat menambah wawasan Bapak/Ibu Guru.

Di lain waktu saya akan coba berika beberapa tips yang lebih mendalam terkait penggunaan perangkat lunak yang biasa digunakan sebagai pendukung kegiatan pembelajaran secara daring/online.

Miliki Perangkat Pembelajaran untuk semua Kelas, guna mendukung kegiatan pembelajaran Online:

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More